Jumat, 28 Oktober 2016

INOVASI SI DAN TEKNOLOGI MODERN

INOVASI SI DAN TEKNOLOGI MODERN

Definisi
Inovasi adalah penemuan terbaru atau proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, seperti teknologi dan sebagainya yang belum ada di masa kini.
Sistem Informasi
Sistem adalah kumpulan dari sub sistem, elemen-elemen, dan prosedur yang saling berinteraksi. Sedangkan Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi user/pengguna dan mempunyai nilai yang real/nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang. Jadi pengertian sistem informasi itu sendiri adalah sekumpulan data yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadikan sebagai suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu perancangan dan pengembangan teknologi sistem manajemen berbasis komputer, khususnya pada aplikasi software dan hardware pada sitem komputer. Teknologi informasi menggunakan komputer elektronik dan software computer untuk mengubah, menyimpan, memproses, mengamankan, mengtransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.
Jadi pengertian sistem informasi dan teknologi informasi ialah suatu pemanfaatan teknologi dan pengembangan yang membantu manusia dalam proses pengoperasian sistem manajemen dan lain-lain dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Komunikasi :
Pada ilmu teknologi informasi, beragam inovasi dapat menghasilkan sebuah hasil yang berkembang pesat dan dapat membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu bahkan sampai perusahaan sekalipun.

Ciri Inovasi
1. Khas
Maksudnya inovasi harus memiliki ciri khas tertentu agar tidak mudah dicopy atau dimiliki oleh orang lain. Karena tanpa adanya ciri khas tertentu dalam membangun sebuah inovasi tidak dapat dikatakan sebagai inovasi yang baru.

2. Baru
Maksudnya adalah inovasi itu harus sesuatu yang baru yang belum pernah ada. Karena pengertian inovasi itu sendiri adalah berkaitan dengan sesuatu yang baru dari hasil pemikiran atau ide-ide yang baru.

3. Terencana
Maksudnya terencana adalah jika ingin melakukan suatu inovasi atau ingin membuat sesuatu yang baru kita harus merencanakan seperti halnya apa yang ingin kita buat , bagaimana cara membuatnya,dsb.

4. Memiliki Tujuan
Maksudnya adalah jika kita ingin membuat inovasi yang baru harus ada tujuan . seperti kita ingin membuat laptop tujuan laptop dibuat itu untuk berbagai macam fungsi yang paling utama sebagai media pemebelajaran.

Perbandingan Antara Perkembangan Inovasi Teknologi

Perbandingan Perkembangan Inovasi Teknologi

Teknologi adalah hal yang mutlak untuk era sekarang. Tanpa adanya teknologi mungkin kehidupan sekarang akan terasa kaku. Jika dibandingkan dengan jaman dahulu orang-orang menggunakan sesuatu yang bisa membantu pekerjaan sehari-hari dan memudahkan pekerjaan mereka dengan alat yang alami dari lingkungan, seperti contohnya : orang menggunakan burung merpati untuk mengirim surat, menggunakan sapi untuk membajak sawah, dan lain-lain.
Coba kita lihat masa sekarang, penggunakan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Sehingga jika kita membahas tentang teknologi untuk era sekarang sudah pasti banyak yang mengetahuinya Teknologi sekarang yang paling laku di masyarakat seperti android yang jika di tanya setiap orang pasti memiliki satu dari mereka entah itu Samsung, xioami, dan apple yang sekrang makin mendunia.
Dari teknologi yang sekarang pun berawal dari rasa keinginan manusia untuk dapat mengakses informasi-informasi tampa harus pergi ke tempat tersebut dan dapat mengakses nya dengan cepat saat itu juga. Perkembangan teknologi membutuhkan proses yang panjang dari di temukannya sebuah roda hingga sebuah pesawat membutuhkan sekitar 8000 tahun. Dari perkembangan itu banyak yang kita pakai sehari-hari dari segi transportasi dan komunikasi.

Beberapa hal yang sudah tersentuh oleh kemajuan teknologi meliputi beberapa aspek-aspek inovasi berbagai kepentingan masyarakat untuk dapat memudahkan pekerjaan mereka, dari segi transportasi, komunikasi, dan industry.

  • 1.     Dari segi transportasi, mungkin sebagian dari kalian sudah sering mendengar kata itu. Tapi apakah kalian tahu tentang arti transportasi itu?, yap transportasi itu sama dengan pengangkutan, mengangkut adalah pemindahan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dan sejak kapan transportasi itu di kenal oleh masyarakat? Jawabannya sejak dahulu pun transportasi sudah ada yang disebut alat angkutan, dan alat angkut nya pun menggunakan alat yang sederhana. Mereka menggunakan tenaga hewan atau manusia untuk mengangkut barang atau orang-orang yang ingin bepergian.

contohnya :
delman yang kemungkinan masih ada. Dibandingkan dengan masa dimana semua transportasi menggunakan hewan atau manusia sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan namanya mesin bermotor seperti mobil, pesawat, motor yang sekarang sudah banyak modelnya dan tentu saja kegunaan dari mesin bermotor itu sudah sangat dirasakan oleh masyarakat untuk memudahkan mereka pergi ke tempat tujuan dengan cepat dan tidak perlu repot-repot lagi.
  • 2.    Dari segi komunikasi, yang paling berkembang untuk sekarang ini mungkin saja komunikasi, seperti yang kita tahu bahwa hal yang baru-baru ini sudah sangat laku dipasaran seperti android sudah merupakan barang yang lumrah bagi kehidupan. Dulu seseorang untuk mengirim pesan saja memakan waktu berhari-hari ataupun berbulan-bulan tergantung dari tempat-nya. Kebiasaan seseorang menggunakan merpati membuat informasi-informasi yang penting lama untuk diketahui.

  • 3.    Dari segi industri, pembuatan sesuatu barang-pun membutuhkan teknologi yang canggih untuk memudahkan mereka menyelesaikan barang itu dengan cepat dan cermat. Pernahkah kalian melihat industri pembuatan kendaraan, di jepang pembuatan mesin bermotor sudah menggunakan robot untuk membuat body, mesin, sparepart, dan lain lain dengan lebih akurat. Bayangkan saja tanpa adanya teknologi mungkin memakan waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu pembuatan makanan, pakaian, dan bahan bangunan pun tidak luput dengan memakai bantuan teknologi yang sekarang.


Arti Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi
Pengertian Inovasi Sistem Informasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)   inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalammelakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Sedangkan Inovasi SI adalah kegiatan meneliti, mengembangkan, dan atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam bidang sistem informasi.


Pengertian Teknologi Informasi Modern
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Ada juga pengertian Teknologi Informasi Modern dari sumber yang lain yaitu, studi sebuah struktur, tingkah laku, dan interaksi yang menggabungkan komputer dengan alat komunikasi untuk menyimpan, menerima, dan memanipulasikan penyimpanan data .Maksudnya Teknologi Informasi didefinisikan sebagai hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.


Sumber :

Tugas Softskill 
-Arbi Pramana-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar